Jumat, 29 Mei 2009

TANYA JAWAB PRAMENULIS UNTUK MEMUDAHKAN PEMBELAJAR MENGHASILKAN TULISAN
Abstrak : Bagi kebanyakan pembelajar Indonesia, baik yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai B1 maupun yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai B2, belajar menulis merupakan sesuatu yang sulit selama ini. Berdasarkan kenyataan ini, tentu bisa dibayangkan kalau belajar menulis dalam bahasa Indonesia, oleh penutur asing, akan dirasakan lebih sulit lagi. Agar mereka tidak frustrasi dalam belajar menulis, perlu dipikirkan cara yang dapat memudahkan mereka menghasilkan tulisan. Untuk dapat menghasilkan sebuah tulisan, dua hal utama diperlukan, yaitu: penguasaan struktur tulisan dan penguasaan topik yang akan ditulis. Oleh karena itu, keduanya perlu ditumbuhkan dalam pikiran pembelajar sebelum mereka mulai menulis. Penumbuhannya dapat dilakukan melalui tanya jawab sebelum menulis tentang hal yang telah ada dalam perbendaharaan pengalaman mereka. Dari perbendaharaan pengalaman mereka, kita memilihkan mereka topik untuk ditulis. Untuk membangkitkan ingatan mereka tentang topik itu, tanya jawab itu diperlukan. Butir-butir pertanyaan perlu dikembangkan sedemikian rupa dan urutannya disusun secara sistematis logis. Dengan demikian, di samping berfungsi membangkitkan ingatan mereka tentang pengalaman yang akan ditulis, dengan sendirinya butir-butir pertanyaan itu akan memberikan gambaran tentang jangkauan isi dan struktur tulisan yang akan mereka hasilkan. Hal terakhir ini akan menuntun mereka menghasilkan tulisan dengan organisasi yang baik. Setelah tanya jawab selesai, barulah mereka diminta menulis hal yang telah ditanyajawabkan.
Kata Kunci: Menulis, aktifitas pramenulis,



PENDAHULUAN
Bagi kebanyakan pembelajar Indonesia, baik yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai B1 maupun yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai B2, belajar menulis merupakan sesuatu yang sulit selama ini. Kesulitan itu disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, penjelasan teoretis guru. Sementara ini, guru pada umumnya mengawali pembelajaran menulis dengan penjelasan teoretis tentang tulisan yang baik. Penjelasan itu biasanya penuh dengan istilah-istilah teknis, baik yang berkaitan dengan jenis-jenis wacana, seperti naratif, deskriptif, ekspositoris, dan argumentatif, maupun yang berkaitan dengan organisasi wacana, seperti ide pokok, ide penunjang, kesatuan, dan kepaduan. Cara ini ternyata tidak mampu memberikan pemahaman yang memadai kepada siswa tentang tulisan yang baik. Di samping itu, cara ini juga menciptakan ketakutan tersendiri pada diri siswa ketika mereka menulis. Mereka takut kalau-kalau tulisan yang mereka hasilkan tidak sesuai dengan yang diidealkan dalam penjelasan guru. Akibatnya, mereka menjadi sangat hati-hati dalam menulis, sehingga produktivitas berbahasanya menjadi rendah.
Kedua, cara guru memberikan topik tulisan. Guru biasanya menempuh salah satu dari cara-cara berikut ini dalam memberikan topik tulisan kepada siswa, yaitu: (a) menetapkan satu topik untuk ditulis oleh semua siswa, (b) menetapkan beberapa topik untuk dipilih salah satu untuk dikembangkan oleh siswa, dan (c) membebaskan siswa memilih topik apa saja untuk dikembangkan. Cara (a), terutama, dan cara (b) memiliki resiko sebagian kecil atau sebagian besar, bahkan semua siswa tidak mempunyai pengetahuan yang memadai untuk mengembangkan topik yang disediakan. Cara (c), terkesan memberi peluang kepada siswa untuk mengembangkan topik yang paling mereka kuasai. Akan tetapi, karena dalam penerapannya tidak disertai waktu dan strategi khusus untuk menggali pengetahuan yang berkaitan dengan topik itu dari dalam pikiran siswa, dengan cara (c) itu pun ada resikonya, yakni siswa tidak dapat secara optimal menuangkan sesuatu yang sesungguhnya telah ada dalam benaknya.
Kalau pembelajar Indonesia saja memiliki kesulitan semacam itu dalam menulis, tentu bisa dibayangkan kalau belajar menulis dalam bahasa Indonesia, oleh penutur asing, akan dirasakan lebih sulit lagi. Agar mereka tidak frustrasi dalam belajar menulis, perlu dipikirkan cara yang dapat memudahkan mereka menghasilkan tulisan. Untuk dapat menghasilkan sebuah tulisan, dua hal utama diperlukan, yaitu: penguasaan topik yang akan ditulis dan penguasaan struktur tulisan. Oleh karena itu, keduanya perlu ditumbuhkan dalam pikiran pembelajar sebelum mereka mulai menulis. Penumbuhannya dapat dilakukan melalui tanya jawab sebelum menulis. Dasar teori dan wujud penerapan dari cara ini akan diuraikan selanjutnya melalui sub-sub pendekatan pengajaran menulis, proses menulis, aktivitas pramenulis, interviu sebagai salah satu cara menggali ide, dan contoh pengajaran menulis dengan aktivitas tanya jawab pramenulis.
MENULIS
Menulis adalah suatu kegiatan untuk mengungkapkan suatu kejadian yang berupa fakta-fakta, perasaan, sikap dan isi pikiran secara jelas dan efektif kepada para pembaca. Menulis merupakan kegiatan yang menyenangkan dan menggembirakan namun tidak semua orang menyukai hal ini. Arifin dan Amran S. Tasai menyebutkan bahwa bahasa tulis disebut juga sebagai ragam bahasa tulis. Ciri-ciri ragam bahasa tulis yaitu, unsur-unsur fungsi gramatikal (subjek, predikat, objek) harus dinyatakan, kejelasan makna dibantu oleh penggunaan ejaan yang tepat, bahasanya tidak terikat oleh kondisi, situasi, dan waktu sehingga apa yang ditulis dapat dimengerti oleh orang yang tidak ada di ruang itu dan pada waktu dan tempat lain. Sedangkan bahasa lisan disebut juga sebagai ragam bahasa lisan, yang mempunyai ciri-ciri, bahwa unsur-unsur gramatikal (subjek, predikat, objek) tidak selalu dinyatakan, kejelasan makna dibentuk oleh panjang pendeknya suara dan tinggi rendahnya, dan bahasanya sangat terikat oleh kondisi, situasi, ruang, dan waktu sehingga apa yang dibicarakan dalam ruangan hanya berlaku untuk waktu itu dan hanya dimengerti oleh orang yang ada di ruangan itu (Khaerudin Kurniawan, 2007)
Sekurang-kurangnya ada tiga komponen yang tergabung dalam keterampilan menulis, yaitu:
a. Penguasaan bahasa tulis, yang akan berfungsi sebagai media tulisan, antara lain meliputi kosakata, struktur kalimat, paragraf, ejaan, dan pragmatik.
b. Penguasaan isi karangan sesuai dengan topik yang akan ditulis.
c. Penguasaan tentang jenis-jenis tulisan, yaitu bagaimana merangkai isi tulisan dengan menggunakan bahasa tulis sehingga membentuk sebuah komposisi yang diinginkan, seperti esai, artikel, cerita pendek, atau makalah. (Mukh Doyin, Wagiran :2005)
Menulis bukan pekerjaan yang sulit melainkan juga tidak mudah. Untuk mulai menulis, setiap penulis tidak perlu menunggu menjadi seorang penulis yang terampil. Belajar teori menulis itu mudah, tetapi mempraktikannya tidak cukup sekali dua kali. Frekuensi latihan menulis akan menjadikan seseorang terampil dalam bidang tulis-menulis.
Proses Menulis
Hayes dan Flower (dalam Hillocks Jr., 1991), menyatakan bahwa ada tiga proses utama dalam menulis, yakni: (1) perencanaan, (2) penuangan (translating), dan (3) peninjauan. Banyak peneliti menemukan bahwa, pada penulis yang kompeten, menulis terdiri atas beberapa proses dan subproses yang bersifat nonlinier, rekursif, dan generatif (Oluwadiya, 1995).
Proses perencanaan terdiri atas tiga subproses, yaitu: (a) penggalian, (b) pengorganisasian, dan (c) penetapan tujuan. Proses perencanaan memiliki fungsi mendapatkan informasi dari lingkungan tugas dan dari memori jangka panjang yang akan digunakan untuk menetapkan tujuan dan rencana yang akan menuntun proses produksi teks, sehingga sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Proses penuangan, yang dituntun oleh memori penulis, berfungsi menghasilkan bahasa. Proses ini meliputi kegiatan-kegiatan mengingat-ingat rencana, mengingat-ingat proposisi, dan mengekspresikannya menjadi tulisan dengan bahasa. Sementara itu, proses peninjauan, yang terdiri atas subproses membaca dan mengedit, berfungsi untuk meningkatkan mutu teks yang dihasilkan dengan jalan mendeteksi dan mengoreksi kelemahan yang ada di dalam teks dan mengevaluasi tingkat kesesuaian teks yang dihasilkan dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Subproses pertama dari proses perencanaan, penggalian, meliputi pemanggilan butir-butir informasi yang relevan dengan topik dan pembaca, yang merupakan lingkungan tugas, dari memori jangka panjang. Hal ini penting untuk dilakukan karena butir-butir informasi yang rinci dan spesifik memiliki dua nilai utama.Pertama, butir-butir informasi yang rinci akan menarik perhatian pembaca. Kedua, hal yang sama akan mendukung dan menjelaskan topik yang dipilih oleh penulis. Subproses kedua, pengorganisasian, memiliki fungsi memilih butir-butir informasi yang paling bermanfaat dan mengorganisasikannya ke dalam rencana tulisan. Butir-butir informasi yang terorganisasikan dengan baik akan memberikan kejelasan kepada pembaca. Sayangnya, dalam hal mengorganisasikan butir-butir informasi inilah biasanya seorang penulis mengalami kesulitan. Agar butir-butir informasi itu terorganisasikan dengan baik, ia harus betul-betul dikuasai. Subproses ketiga, penetapan tujuan, berfungsi untuk mengingat kembali kriteria untuk menilai tulisan. Ingatan tentang kriteria ini diharapkan dapat meningkatkan mutu tulisan yang dihasilkan. Sejumlah studi yang mengkaji tentang proses menulis, baik pada penulis yang belum terampil maupun pada penulis yang telah terampil, menunjukkan bahwa proses perencanaan itu penting sekali dalam menulis.
Pendekatan Pengajaran Menulis
Ada banyak pendekatan pengajaran menulis yang jika diimplementasikan di dalam kelas akan menghasilkan model-model yang berbeda. Sutama dkk. (1998), berdasarkan beberapa sumber, mengatakan bahwa ada tiga pendekatan di dalam pengajaran menulis. Ketiganya adalah (1) pendekatan pola, (2) pendekatan konteks, dan (3) pendekatan proses. Karena pendekatan pada dasarnya merupakan seperangkat asumsi tentang sesuatu, maka, masing-masing pendekatan itu pun memiliki asumsi-asumsi (http://www.ialf.edu/kipbipa/papers/IMadeSutama.doc)
Pendekatan pola mempunyai asumsi bahwa keterampilan berbahasa dapat dikuasai oleh seseorang melalui peniruan. Bahasa orang lainlah yang, antara lain, memicu tumbuhnya kemampuan berbahasa seseorang. Pengajaran menulis dengan pendekatan ini mempunyai tujuan akhir agar siswa mampu menghasilkan tulisan dengan pola-pola yang sempurna. Dalam penerapannya, siswa belajar menulis dengan media wacana-wacana dengan pola yang baik. Pola-pola wacana itu dianalisis, kemudian diterapkan dalam menghasilkan tulisan.
Pendekatan konteks mempunyai asumsi bahwa orang berbahasa karena ada tujuan dan sasaran yang hendak dicapai. Demikian juga halnya ketika orang menulis. Dalam penerapannya di kelas, siswa akan disuruh menulis dengan terlebih dahulu diberi tahu oleh guru apa tujuannya menulis, seperti bercerita, menjelaskan, membandingkan, atau menyampaikan pendapat, dan siapa yang menjadi sasaran tulisannya. Dengan konteks semacam itu, siswa diharapkan mampu menghasilkan tulisan dengan pola yang baik, sekali pun mereka belum pernah diajari secara khusus tentang pola-pola tulisan.
Pendekatan proses mempunyai asumsi bahwa menulis merupakan proses kognitif yang terdiri atas beberapa tahap. Secara garis besar, ada tiga tahap yang mesti dilalui jika orang hendak menulis, yaitu: (1) tahap perencanaan, (2) tahap penuangan, dan (3) tahap peninjauan. Dalam penerapannya di kelas, siswa akan dituntun oleh guru untuk berlatih melalui proses menulis itu tahap demi tahap, sehingga mereka merasa bahwa, jika proses itu diikuti, tulisan yang baik dapat dihasilkan dengan mudah.
Idealnya, ketiga pendekatan itu dipadukan penerapannya. Dikatakan demikian karena, kalau dicermati, setiap pendekatan memiliki kelebihan, jika dilihat rasional yang melandasi, walaupun tidak dengan kadar yang sama. Semuanya diperlukan untuk menangani kompleksitas proses dan konteks menulis yang mengharuskan kita dalam pengajarannya memperhatikan secara seimbang bentuk, penulis, isi, dan pembaca karena semua ini bukan merupakan entitas yang terpisah. Secara terpadu, pendekatan proses dapat dijadikan induk, sementara pendekatan konteks dapat diselipkan pada tahap perencanaan dan pendekatan pola dapat diselipkan pada tahap peninjauan. Namun, kalau ada kemauan untuk memilih hanya satu pendekatan saja, tampaknya memilih pendekatan proses merupakan langkah yang paling tepat. Lebih dari pendekatan-pendekatan lainnya, pendekatan proses tampaknya memberi prinsip-prinsip teori dan metodologi yang menyatukan. Dengan menerapkan pendekatan proses, kekurangan siswa dalam hal pengetahuan topik akan teratasi pada tahap perencanaan, kelancaran siswa dalam menulis tidak akan terganggu karena orientasi gramatikal sangat ditekan pada tahap penuangan, dan kerendahan kualitas tulisan siswa dapat ditingkatkan dalam tahap peninjauan.
KEMAMPUAN MOTORIK HALUS
Menulis bukan hanya sekedar kegiatan menorehkan simbol angka atau huruf di atas kertas. Masalah yang biasanya muncul pada masa awal munulis adalah kemampuan motorik halus yang belum berkembang optimal. Dalam menulis kemampuan untuk memegang alat tulis, mengendalikan arah gerakan dalam menulis, dan kecenderungan penggunaan tangan kanan atau kiri harus menjadi perhatian. Kemampuan motorik halus menyangkut koordinasi visual dan otot halus pada tangan, biasanya dapat diamati dari kegiatan menggunting, memegang benda, dan mewarnai. Anak-anak akan mengembangkan kemampuan motorik halusnya dengan baik jika mendapatkan kesempatan latihan yang cukup. Oleh karena itu, sepatutnya kita tidak mengabaikan program-program ketrampilan di pra sekolah. Program ketrampilan seperti menggunting, mewarnai, merekat, melipat, dan lain sebagainya merupakan latihan efektif pra menulis. Anak-anak juga menyukai kegiatan tersebut sehingga anda dapat memberikan latihan serupa di rumah. (http://missunita.wordpress.com/2008/01/10/mendampingi-anak-belajar-menulis)
Amati kemampuan anak untuk menggunakan alat tulis, misalnya ketika mewarnai atau memegang pensil. Pada masa awal menulis, anak-anak lebih senang menggunakan alat tulis yang berwarna-warni. Anda dapat menyediakan spidol warna-warni atau crayon bagi anak anda. Beberapa anak dengan kemampuan motorik halus kurang dan memiliki jari-jari gemuk, biasanya lebih mudah menggunakan alat tulis berukuran besar. Anda dapat mencoba memberikan spidol boardmarker atau pensil berukuran besar untuk latihan menulisnya. Secara bertahap anda dapat mengenalkan pengunaan alat tulis dengan ukuran yang umum digunakan.
AKTIVITAS MENULIS YANG MENYENANGKAN
Aktivitas menulis juga membutuhkan konsentrasi dan perhatian, yang cukup tinggi bagi anak. Seringkali guru atau orang tua menyodorkan latihan menulis yang membuat anak cepat bosan, misalnya menulis huruf a berulang kali dalam selembar kertas buku tulis (ampun deh…saya yang orang dewasa saja cukup malas untuk melakukannya). Yang perlu kita ingat adalah rentang perhatian anak masih cukup pendek, biasanya untuk kegiatan yang monoton (seperti menulis) anak-anak usia 4-5 tahun hanya mampu bertahan kurang dari 15 menit. Beberapa anak mungkin dapat mempertahankan kegiatan tersebut lebih lama, namun biasanya melalui proses pembiasaan. Hal ini bukanlah indikasi yang baik, bahkan merupakan indikasi ketidakberdayaan anak untuk mengekspresikan perasaannya kepada figur otoritas (pendampingnya). Tentu saja hal ini lebih beresiko daripada anak terlambat menulis.
Aktivitas Pramenulis
Oluwadiya (1995) mengatakan bahwa aktivitas pramenulis adalah pengalaman struktural yang mempengaruhi partisipasi siswa yang aktif dalam berpikir, berbicara, menulis, dan bekerja tentang topik yang ditetapkan dalam pembelajaran menulis. Aktivitas atau pengalaman seperti itu, yang dapat dilakukan, baik secara berkelompok maupun individual, bisa bersifat lisan atau tertulis. Ada banyak jenis aktivitas pramenulis; beberapa di antaranya adalah (1) brainstorming lisan berkelompok atau individual, (2) pengklasteran (clustering), (3) penyimpulan (looping), (4) perdebatan, dan (5) interviu.
Brainstorming melibatkan penggunaan pertanyaan pemandu untuk membuat siswa memikirkan topik atau ide yang telah ditetapkan untuk ditulis. Pertanyaan hendaknya ditulis di papan tulis dan semua siswa diminta untuk memikirkan jawabannya. Siswa perlu diberi waktu beberapa menit untuk memikirkan jawaban itu. Selanjutnya, siswa dapat ditunjuk secara acak untuk memberikan jawaban atas pertanyaan itu dan jawaban itu ditulis di papan tulis. Jawaban-jawaban itu, kemudian, dikopi oleh semua siswa untuk digunakan pada tahap berikutnya jika dianggap cocok. Brainstorming, dengan demikian, merupakan aktivitas kelompok untuk merangsang pikiran kreatif. Sekalipun demikian, individu dapat menggunakan teknik ini untuk menggali materi yang akan ditulis.
Pengklasteran merupakan aktivitas pramenulis yang memungkinkan penulis untuk merencanakan pikiran-pikiran mereka tentang topik yang akan ditulis dan memilihnya, kemudian. Teknik ini hampir sama dengan brainstorming. Hanya saja, pengungkapannya disempitkan menjadi sekadar kata atau ide dalam bentuk klaster. Langkah-langkah dari penerapan teknik ini adalah sebagai berikut. Pertama, guru menulis dan melingkari kata stimulan di papan tulis dan meminta siswa untuk mengungkapkan (kata) apa saja yang mereka pikirkan ketika melihat kata itu. Oleh guru, semua kata (respon) hendaknya ditulis dan dilingkari, dengan kata stimulan ditempatkan di tengah-tengah. Kedua, guru hendaknya menugaskan siswa untuk melakukan hal yang sama dengan waktu yang dibatasi. Hasil pengklasteran oleh mereka kemudian digunakan untuk mengembangkan paragraf.
Penyimpulan melibatkan aktivitas menulis tanpa henti apa saja yang terpikirkan tentang topik yang ditetapkan, tanpa perlu merasa takut membuat kesalahan. Setelah menulis beberapa saat, penulis berhenti, membaca, dan merefleksikan atau memikirkan apa yang telah ditulis dan menyimpulkannya dalam satu kalimat. Prosedur ini dapat diulang dua kali atau lebih untuk melahirkan ide yang akan ditulis.
Perdebatan merupakan tindak penyajian dua sisi argumen atau topik Teknik ini dapat digunakan untuk melahirkan ide, pikiran, konsep, gagasan, dan pendapat tentang topik yang akan ditulis. Semua keuntungan dari penggunaan bahasa lisan secara aktif oleh siswa menjadikan perdebatan sangat berguna dalam menstimulasi siswa untuk menulis.
Intervieu adalah aktivitas pramenulis lain yang dapat diajarkan kepada siswa untuk melahirkan ide-ide yang akan ditulis. Menurut Johnson (dalam Oluwadiya, 1995), penugasan kepada siswa untuk melakukan intervieu dengan temannya membantu menciptakan atmosfir yang santai untuk menulis. Untuk melaksanakan tugas itu, siswa dapat diberikan panduan tentang apa yang perlu ditanyakan.
Aktivitas pramenulis, apa pun jenisnya, sangat penting untuk dilakukan dalam kaitannya dengan kegiatan menulis. Dikatakan demikian karena menulis pada dasarnya adalah proses mengkomunikasikan sesuatu kepada pembaca melalui media tulisan. Jika penulis tidak memiliki sesuatu untuk dikatakan, menulis tidak mungkin dilakukan. Aktivitas pramenulis memberikan sesuatu kepada siswa untuk mereka katakan. Sebagaimana dikatakan oleh D’Aoust (dalam Oluwadiya, 1995), aktivitas pramenulis melahirkan ide, mendorong mengalirnya pikiran secara bebas dan membantu siswa menemukan, baik hal yang akan dikatakan atau diungkapkan maupun bentuk atau struktur pengungkapannya. Dengan kata lain, aktivitas pramenulis memfasilitasi perencanaan produk maupun proses. Itulah sebabnya, banyak ahli merekomendasi aktivitas pramenulis karena, dengan aktivitas itu, siswa cenderung menulis lebih banyak dan dengan mutu yang lebih baik.


Kelebihan Intervieu Sebagai Aktivitas Pramenulis
Intervieu, sebagai salah satu jenis aktivitas pramenulis, memiliki manfaat ganda. Ia tidak hanya bermanfaat dalam kaitannya dengan kegiatan menulis, tetapi juga dalam kaitannya dengan kegiatan belajar berbahasa dalam arti yang lebih luas. Dalam kaitannya dengan kegiatan menulis, ada beberapa manfaat yang dapat dipetik oleh siswa dari kegiatan intervieu. Sebagaimana diketahui, dalam tahap menggali ide, sebagai satu penggalan dari proses menulis, ada tiga sumber yang dapat dituju oleh siswa sebagai penulis, yaitu: (1) sesuatu yang telah diketahui, (2) sesuatu yang pernah dilihat, dan (3) sesuatu yang pernah didengar dari perkataan orang lain. Untuk membangkitkan ingatan mereka tentang ketiga hal itu, tanya jawab itu diperlukan. Kegiatan menulis selalu menuntut untuk didahului oleh suatu periode bercakap-cakap yang bersifat eksploratoris tentang apa yang akan ditulis, suatu waktu yang diperlukan untuk melahirkan ide dan alternatif bahasa pengungkapannya. Butir-butir pertanyaan perlu dikembangkan sedemikian rupa dan urutannya disusun secara sistematis logis. Dengan demikian, di samping berfungsi membangkitkan ingatan mereka tentang hal yang akan ditulis, dengan sendirinya butir-butir pertanyaan itu akan memberikan gambaran tentang jangkauan isi dan struktur tulisan yang akan mereka hasilkan. Hal terakhir ini akan menuntun mereka menghasilkan tulisan dengan organisasi yang baik. Dengan kedua hal itu, yakni kombinasi antara isi dan bentuk, siswa akan memiliki rencana yang sangat penting yang memungkinkan mereka untuk menghabiskan lebih sedikit waktu dalam aktivitas pramenulis dan untuk menulis dengan lebih cepat sesudahnya.
Dalam kaitannya dengan kegiatan belajar berbahasa dalam skala yang lebih luas, pelaksanaan interview memiliki sejumlah kelebihan sebagai suatu teknik pengajaran. Sejumlah ciri menonjol dari teknik ini adalah (1) berorientasi kepada siswa, (2) memungkinkan terjadinya aktivitas belajar bahasa target secara bermakna dan komunikatif, (3) memberikan kepada siswa kesempatan mempraktikkan keterampilan menyimak dan berbicara, dan (4) menciptakan hubungan yang baik antara guru dan siswa.
PENGAJARAN MENULIS DENGAN AKTIVITAS TANYA JAWAB PRAMENULIS
Model pengajaran menulis yang akan disajikan berikut ini pernah diterapkan pada kelompok pembelajar asing dari jenjang perguruan tinggi. Mereka adalah mahasiswa Asian Studies, La Trobe University, yang mengikuti program belajar bahasa Indonesia selama dua bulan di STKIP (sekarang IKIP) Singaraja. Sebelum mereka mengikuti program ini, mereka telah mengikuti kuliah Indonesian I sampai dengan Indonesian III. Indonesian I, yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang sama sekali tidak memiliki pengetahuan tentang bahasa Indonesia, sepenuhnya bermaterikan percakapan dengan keterampilan membaca dan menulis berdasarkan materi percakapan. Indonesian II bermaterikan percakapan dan membaca serta menyimak. Penerjemahan, gramatika, dan gaya bahasa diajarkan pula, namun dalam kaitannya dengan ketiga keterampilan di atas. Indonesia III bermaterikan percakapan, membaca, menyimak, dan menulis, dengan penerjemahan, gramatika, dan gaya bahasa diajarkan dalam kaitannya dengan keempat keterampilan di atas.
Adapun langkah-langkah pembelajarannya adalah sebagai berikut. Pertama, peserta diajak bertanya jawab oleh pengajar tentang topik yang akan mereka tulis. Dalam peristiwa tanya jawab ini, pengajar bertindak sebagai penanya, sedangkan peserta bertindak sebagai penjawab. Urutan pertanyaan ditata sedemikian rupa, sehingga secara otomatis menggambarkan sistematika tulisan yang akan dihasilkan. Kedua, setelah proses tanya jawab selesai, peserta diminta menulis atau mengembangkan topik yang telah ditanyajawabkan dengan selancar mungkin, tanpa perlu takut melakukan kesalahan. Ketiga, karya peserta yang paling banyak mengandung kesalahan (organisasi, gramatika, diksi, dan ejaan serta tanda baca), atas seizin yang bersangkutan, disalin di papan tulis untuk dijadikan bahan pembahasan. Terakhir, semua peserta memperbaiki karya mereka masing-masing, lalu menyerahkannya kepada pengajar.

PENUTUP
Untuk membantu pembelajar asing dapat menghasilkan sebuah tulisan dengan mudah, dua hal utama perlu ditumbuhkan dalam diri mereka, yaitu: penguasaan topik yang akan ditulis dan penguasaan struktur tulisan. Penumbuhannya dapat dilakukan melalui tanya jawab sebelum menulis tentang hal yang telah ada dalam perbendaharaan pengalaman mereka. Butir-butir pertanyaan dalam tanya jawab itu, jika dikembangkan sedemikian rupa, sehingga urutannya sistematis logis, di samping berfungsi membangkitkan ingatan mereka tentang pengalaman yang akan ditulis, juga akan memberikan gambaran tentang jangkauan isi dan struktur tulisan yang akan mereka hasilkan. Hal terakhir ini akan menuntun mereka menghasilkan tulisan dengan organisasi yang baik.











Daftar Pustaka
Gani, Erizal. 2007. Efektifitas Pengajaran Menulis. Sumatra Barat: Universitas Negeri Padang.
Hillocks, Jr., George. 1991. Research on Composition: New Directions for Teaching. Urbana: ERIC Clearinghouse on Reading and Communication Skills, National Institute of Education.
http://www.ialf.edu/kipbipa/papers/IMadeSutama.doc, tanggal 08 Maret 2008, pukul 09.45

http://missunita.wordpress.com/2008/01/10/mendampingi-anak-belajar-menulis/, tanggal 08 Maret, pukul 09.56
Oluwadiya, Adewumi. 1995. “Some Prewriting Techniques for Student Writers.” In Kral, Thomas (Ed.). Creative Classroom Activities. Washington D.C.: United State Information Agency.
Kurniawan, Khaerudin. 2007. Model Pengajaran menulis Bahasa Indonesia. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta (FBS).
Sutama, I Made. 1998. Pemaduan Pendekatan Konteks, Proses, dan Pola Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Menulis (Hasil Penelitian). Singaraja: STKIP.
Tarigan, Henry Guntur. 1998. Menulis. Bandung: Angkasa.

Wagiran, dan Mukh Doyin. 2006. Curah Gagasan. Semarang: Rumah Indonesia.

1 komentar:

  1. Hai...salam kenal, boleh gabung di blog-mu Nov^_^
    aku perlu buat sharing....mengenai muri-murid-ku^_^


    terimakasih

    BalasHapus